Monday, December 23, 2013

Pertemuan ke-10

Pertemuan ke 10 ini latihannya di rumah Teh Rina langsung loh. Hebat kan? Kan? Kan? Haha

Cek PR dulu

Mulai les pertama-tama dites dulu tentang dinamika nya. Masih ingat dinamika kan? Yang crescendo sama decrescendo tea. Waktu dites saya ngerasa dinamika nya masih ancuur, soalnya jarang latihan dinamika juga sih. uhuk. Berarti dinamika masuk ke resep latihan nih.

Sudah itu langsung masuk ke materi berikutnya.

Hari ini belajar tentang tenuto, aksen, double stop, tangga nada F mayor, sama Minuet 2.

Tenuto

Sebenernya tanda ini ketemu pas lagi main Minuet 2. Disitu ada nada yang ada garis di atasnya.
Ini tanda tenuto
Bunyinya itu.. gimana ya.. 
Kalau tanpa tenuto kan bunyinya gini:
nguuung nguuuung nguuuung

Kalau dengan tenuto jadinya gini:
nguiiung nguiiung nguiiung

Jadi suaranya kayak diayun-ayun. Tekniknya sendiri si bownya jadi kayak diayun-ayun dengan ngeberi tekanan lebih pas di tengah bow, tapi nggak sampai dilepas dari senar ya.

Aksen

Kalau ketemu tanda aksen mainnya harus meledak.
DOR!
Maksudnya bow nya mendadak cepet di bagian not itu jadi not nya mendadak keras.
Tanda aksen

Double stop

Double stop artinya dua senar yang digesek. Baru aja bisa ngebaca not, pas ketemu double stop kaget juga. Kata teh Rina analisis dulu aja apa yang perlu digesek baru dimainin. Terus supaya gampang mainin double stop bow nya ditekan lebih keras
Ini contohnya double stop. Not pertama A-E, not kedua A-D

F Mayor

Terus belajar F Mayor. F Mayor mah masih ingat kan ya? Itu tu yang pake satu mol.

Minuet 2

Nah selanjutnya belajar Minuet 2. Lagu karya J.S Bach ini lumayan belibet juga. Di awalnya ada nada appregio yang pake tenuto. Lagu ini juga jadi PR nih! Kata teh Rina kalau bisa lagu ini dihafal.

Menu PR

Teh Rina nggak nyatat PR di buku. Eeh... lupa mungkin ya? Hahah. Yok analisis sendiri. Berarti menu PR untuk minggu ini adalah:
  1. Tangga nada G, D, A, sama F Mayor
  2. Dinamika
  3. Tenuto
  4. Double Stop
  5. Minuet 2
Widih, banyak juga. Oit! Semangat!

No comments:

Post a Comment