Monday, November 11, 2013

Pertemuan 5

Hari ini les pertama untuk bulan kedua. Nggak terasa juga ternyata sudah lewat sebulan buat belajar Biola. Dan nggak nyangka, cukup seintensif ini yak. Banyak, banyak banget ilmu yang baru diperoleh.

Untuk les hari ini diawali dengan ngebahas PR. Masih ingat postingan sebelumnya tentang tonalitas/tangga nada kan? Ternyata saya ketemu hal yang aneh, dan namanya enharmonis

Ini jawaban untuk PR minggu lalu

C: C D E F G A B C
G: G A B C D E F# G
D: D E F# G A B C# D
A: A B C# D E F# G#
E: E F# G# A B C# D# E
B: B C# D# E F# G# A# B
F#: F# G# A# B C# D# E# F#
C#: C# D# E# F# G# A# B# C#

Nah, pada tangga nada F# kan seperti ini yah:
F# - G# (1 step)
G# - A# (1 step)
A# - B (1/2 step)
B - C# (1 step)
C# - D# (1 step)
D# - ? (1 step)
Nah, apa coba? Kan D# itu setengah, terus naik setengah nya kemana? Kan E nggak ada setengahnya? Dan ternyata inilah yang namanya enharmonis. Si F itu bisa bernama E# juga, eman namanya E# tapi posisinya di F
jadi untuk step berikutnya adlaah
D# - E# (1 step)
E# - F# (1/2 step)

Magic!!

Selanjutnya Teh Rina ngejelasin tentang mol. Kalau sharp (#) itu naik setengah, nah, mol (logonya kayak b gitu) itu turun setengah. Kebalikannya. Kalau sharp 1 (yang # nya satu) dimulai dari G, mol dimulai dari F

F: F G A Bb C D E F

Tah! Lihat! Ada Bb (B terus ada mol nya). Disebutnya sebagai Bes. Posisinya sih sama kayak Ais.

PR Teori
Untuk PR hari ini dapet nyari tangga nada sampai 5 mol. Ulala, yang sharp kemarin aja belum hafal, hahah.

Selanjutnya belajar teknik

Hari ini ada banyak banget teknik yang diajarin! Yaitu:
  1. Staccato
  2. Pizzicato
  3. Arco
Staccato adalah teknik ngegesek yang meledak-ledak dan pendek-pendek. Tekniknya sih dengan nekan jari telunjuk bow kemudian gesek sambil dilepas secara cepat. Susah-susah nggak. Kadang malah jadi kegesek 1/3 bow, hihih.

Pizzicato adalah teknik ngebunyiin biola dengan metik senarnya. Metiknya dengan jari telunjuk yang megang bow tapi posisi nya masih siap buat ngegesek. Nah kalau Arco teknik ngebunyiin biola dengan ngegesek. Kata Teh Rina megang bow nya sih bisa-bisa aja biasa yang penting metik senar, tapi kalau tiba-tiba ada piece yang nyuruh metik-gesek-metik-gesek kan susah tuh, jadi megangnya harus bener.

PR Teknik
Hari ini dapet PR lagi donk, dan banyak, hahah.
  1. Tangga nada C Major 2 oktaf + Trinada (Yup! Disuruh C Major, ini yang kelingkingnya ngegeser dikit pas  do oktaf ke 2).
  2. Staccato di G Major dan C Major
  3. Legato 4 pulangnya dibenerin. Bowing aku masih gak bener! Huhu, apalagi pas pulang legato, ngaco, jadi harus dilatih.
  4. Pizzicato dan Arco. 4 kali pizz, 4 kali arco dengan staccato.
  5. Dan PR di buku Strictly Violin halaman 15, 16, 17.
dan dinasehatin buat latihan. Ketahuan kayaknya aku jarang latihan, ngyahaha, takut kedengeran tetangga bunyi ngekngokngekngok soalnya. Tadi ditawarin buat beli mute, yaay!


Ah... belajar Biola asyik juga. Nggak tahu ya, apa karena hobi saya belajar? (nyiiir, hobi belajar, apa-apaan??) Heran juga sih, asik aja,hahahah.

No comments:

Post a Comment