Sunday, November 24, 2013

Gath AVC: Gimana cara milih Biola?

Hari minggu tandanya gathering AVC. Yay!

Bagi yang belum tahu AVC itu apaan bisa kunjungi blognya AVC juga ya!

Gath hari ini posisinya rada beda. Biasanya main di selasar balkot (balai kota), kali ini di dekat patung badak. Patung badak letaknya di tengah taman balkot dan dekat dengan kolam ikan. Untung hari ini cuacanya cerah banget, panas banget malahan, jadinya nggak khawatir kalau bakalan hujan harus ngibrit kemana lah yak.

Duduk-duduk di dekat patung badak. Kelihatan kan badak nya? Itu tuh yang warna putih di kanan atas


Seperti biasa gathering dimulai dengan pemanasan bareng. Pemanasannya dari latihan scale C 4 ketuk, 2 ketuk, 1 ketuk, appregio, sama balap laba-laba.

Hah, balap laba-laba?

Balap laba-laba

Balapan ini sudah saya temui semenjak pertama kali gabung ke AVC sih. Diajarinnya sama teh Tika. Mm... jadi.. gimana sih balap laba-laba itu?

Kalau megang bow kan posisi tangan ada di frog, nah ini posisi tangan seperti megang bow tapi dimulai dari tip. Terus jarinya digerak-gerakkin sampai ke bawah dekat frog sampai posisi biasa lagi.
Posisi Balap Laba-laba.

Kurang tahu kenapa namanya balap laba-laba, tangannya kali kayak laba-laba bentuknya, jarinya gerak-gerak, hohoh. Kata Teh Tika ini bagus buat latihan megang bow biar kuat. Kata beliau bagusnya gerakkin dari bawah ke atas si bow nya nggak goyang-goyang.

Lucu kan?

Sesi Sharing

Setelah berngek-ngok ria, selanjutnya adalah sesi sharing. Sesi kali ini ngebahas tentang gimana cara milih biola yang baik.

Biola, instrumen yang penting dalam bermain Biola *ya iya lah*. Biola itu mahal, tapi bukan berarti semakin mahal semakin bagus ya, ada beragam hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih satu biola sebagai belahan jiwa.

Perhatikan Kayu

Satu Biola itu terdiri dari beragam jenis kayu. Bagian belakang, rib, depan, bridge, terdiri dari kayu yang berbeda-beda. Pastikan kayu nya bagus, ya... misalnya nggak pecah lah ya. Mulus..

Biola yang bagus itu kayu nya nggak dicat. Kalau dikasih pelitur nggak apa-apa, tapi yang dicat dengan beragam warna itu kurang bagus. Katanya ini bisa mengubah suara Biola karena mempengaruhi pori-pori kayu.

Diketuk-ketuk

Kalau biola yang mau dibeli, coba ketuk bagian belakangnya. Kalau suara yang dihasilkan menggema, err... senarnya juga ikut bergetar, nggak mendem, berarti kandidat Biolanya oke.

Biola yang pas ukurannya adalah yang sesuai dengan panjang tangan

Ukuran Biola itu bermacam-macam. Ada yang 4/4, 1/2, dan sebagainya. Untuk menentukan panjang yang tepat cobalah saat membeli Biola taruh Biola di leher kemudian pegang scroll nya. Kalau bisa memegang scroll berarti itu Biola yang pas untuk ukuranmu.

Perhatikan Peg nya pas

Peg itu puteran kayu buat nahan senar. Pastikan peg nya pas. Kata Teh Tika pernah ketemu Biola yang peg nya panjangnya kelewatan, naah.. itu contoh yang aneh.

Pastikan ada sound post nya!

Sound post itu kayu silinder yang membujur dan berdiri tegak di dalam biola. Fungsinya untuk menghantarkan suara dari bridge ke badan Biola. Pastikan benda ini ada! Soalnya kalau nggak ada suara Biola jadi mendem (seperti di dalam air). Dan itu bakalan aneh banget.

Emangnya ada yang jual Biola nggak ada sound post? Teh Tika katanya pernah ketemu orang yang salah beli.

Senar nya

Kata Kang Ijay, anggota AVC juga, senar Biola itu cocok-cocokkan, trial and error. Beliau pernah beli senar yang sampai harga 500 ribuan ternyata kurang nyaman (lupa namanya apa), jadi belum berarti yang mahal itu bagus ya.

E tapi kisaran senar beliau masih segituan juga sih...

*senar saya yang 50 ribuan aja kesannya mahal banget, hadoh*

Dan nyobain senar Kang Ijay juga subhanallah enak banget nekannya!

Pastikan Fingerboard nya bener

Ini tips dari saya sih. 

Fingerboard biola yang saya miliki ini aneh. Dia lurus.

Gini kira-kira gambarannya. Yang item-item itu fingerboard, yang coklat neck
Dan itu salah! Nggak enak banget. Fingerboard lurus gini artinya makin susah nekan senarnya! Kenapa? Soalnya senar dari nut ke bridge itu posisinya diagonal. 

Jadi gimana posisi finger board yang bener? Posisinya seharusnya agak miring.

Harusnya yang kayak gini
Biola saya nggak bisa dibenerin. Bisa sih, fingerboardnya diubah, tapi katanya harganya bisa jatuh lebih mahal daripada beli baru. Ya... wong belinya dulu cuma 600 ribu sih...

Kalau bisa beli nya nggak sendiri, sama yang sudah berpengalaman

Nah ini yang paling penting. Milih Biola itu jodoh-jodohan dan perlu pengalaman. Dari sharing yang ada di AVC tadi pada ngaku kalau milih Biola pertama pasti salah.

Di Bandung katanya ada satu tempat jual Biola yang oke banget, katanya di tempat Pak Hengkie. Katanya tadi sih galeri beliau ada di depan Stasiun Bandung, diantara alfamart dan indomaret. Katanya disitu cuma rumah, nggak ada tanda toko jualan Biola. Katanya lagi (ini katanya mulu) kalau milih Biola disana bisa dicobain satu-satu sampai pas, kayak milih tongkat sihir di Harry Potter gitu. Asyiknya.

Dan katanya, stoknya sekarang dua juta ke atas. *nelan ludah*

Nah makanya, ajak yang pengalaman biar nggak salah milih, karena belum tentu yang mahal itu bagus dan pas, atau siapa tahu malah dibohongin harga.

Biola bisa di fitting

Fitting itu artinya Biola nya disesuaikan lagi. Kata Kang Dede, di Biola ada fitting set yang terdiri dari peg, fingerboard, sound post. Mmm... masih ada lagi nggak ya? Ingatnya cuma itu sih tadi. Nah, orang yang ahli dalam utak-atik biola namanya luthier. Fitting Biola ini katanya bisa makan waktu sampai 3 hari lebih sampai pas dengan keinginan penggunanya.

Fitting itu nggak sembarangan loh, katanya buat ngutak-ngatik sound postnya aja bisa makan seharian biar suaranya pas!

Biola Buatan Cina NGGAK Lebih Jelek dari Buatan Eropa!

Pas sharing tadi Teh Tika bilang pas kompetisi luthier dunia luthiernya Cina menang loh. Bukan berarti kan Biola Eropa itu paling bagus?

Tadi bahkan ada cerita gini. Pas ada pemain Biola dari Eropa datang ke Indonesia, pas case Biola nya dibuka, Biola dia badannya copot! Soalnya Biola yang dia pakai mengalami perubahan suhu yang ekstrim dari negara 4 musim ke tropis, mungkin lemnya nggak cocok.

Nah, berarti siapa tahu, luthier dari Cina ngebikin Biola yang bagus buat negara-negara di Asia kan?

Cara ngerawat biola

Kalau sudah punya pengen dong si Biola awet? Nah, hal ini juga jadi topik bahasan pas gath.

Dibersihkan

Rosin yang dipakai supaya bow jadi kesat dan bisa menghasilkan bunyi di senar itu terbuat dari getah pohon. Rosin yang dimainkan di Biola bisa nempel di kayu badannya Biola. Kalau nggak dibersihkan  rosin ini bisa lengket dan kata sesepuh di AVC tadi ini bisa mempengaruhi suara Biola.

Gimana buat Rosin yang udah terlanjur nempel? Ada sih cairan pembersihnya, tapi kata pas gath tadi dibilangin ini bisa diatasi dengan mengelap area tempat rosin yang terlanjur lengket dengan membubuhkan minyak kayu putih. Katanya bisa juga pakai lotion yang non susu (kurang tahu juga kenapa nggak boleh produk susu).

Dimainkan

Aha! Ini yang paling penting. Biola itu unik, semakin lama suaranya semakin bagus, asalkan, dimainkan. Kalau Biola dimainkan juga artinya sering dikeluarkan dari case nya kan? Soalnya kalau nggak dikeluarin si Biola bisa jamuran, hiiiy.

Info lainnya

Masih banyak ilmu yang didapet! Ini rangkuman info-info yang didapat pas gath tadi.

Suara Biola itu berbeda-beda

Setiap Biola punya jenis suara yang beda. Ada yang bright, ada juga yang dark. Biola bersuara bright biasanya dipakai di lagu-lagu country dan celtics. Biola bersuara dark biasanya dipakai di musik-musik classic.

Biola versi male dan female

Ini baru tahu! Ternyata ada dua jenis Biola. Biola yang versi male fingerboard nya lebih lebar, yang female fingerboardnya lebih kecil.

Rosin

Pas gathering dijelaskan ada dua jenis Rosin, yang light sama dark. Kalau dark rosin biasanya dipakai di daerah yang 4 musim, sedangkan yang light dipakai di daerah tropis.



Ahh... sekian dulu lah ya informasi yang didapat. Pokoknya hari ini buanyaaak banget ilmu yang didapet. Dan banyak pencerahan juga, misalnya.... salah satunya... Biola itu mahal *ups*

Oh iya, ada informasi katanya AVC mau ada acara makrab nih. Yuhuy! Ayo ih yang mau ikut AVC Bandung datang aja ke Balkot Bandung tiap hari Minggu jam setengah 2 siang ya!

7 comments:

  1. kak, tempat fitting biola itu ada dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. saya kurang tahu, cuma pernah diberitahu teman yang pernah fitting di temannya lagi

      Delete
  2. Mksh info nya . Salam sm tmn2 dsna dr aku komunitas chamber tmn suropati jkt . Hehe

    ReplyDelete
  3. Mksh info nya . Salam sm tmn2 dsna dr aku komunitas chamber tmn suropati jkt . Hehe

    ReplyDelete
  4. Kak tempatnya pak Hengkie tepatnya dimana ya kak?

    Terimakasih

    ReplyDelete