Sunday, November 17, 2013

AVC Hari Ini Hujan

Oke. Summary (haih! apaan ujug-ujug)

  1. Nggak lelet, pas dateng setengah dua lewat dikit udah ada yang dateng!
  2. E.. tapi hujan. Deras banget. Bandung lagi doyan hujan tiap sore. Mau semingguan ini hujan mulu.
  3. Tadi pemanasannya pake tangga nada C major. Phew.... untung udah belajar.
  4. Tadi belajar baca not. Tapi ya karena belum lancar bacanya juga jadi ngarang-ngarang gitu bacanya, apalagi udah pake diatas nada G, belum hafal posisi not di staff nya! Mwahaha.
Tapi ada yang baru nih. Saya baru beli mute.

Mute adalah benda yang ditaruh di bridge supaya suara biola nya jadi kecil. Gunanya buat latihan supaya nggak terlalu ngeganggu tetangga sebelah. Suara biola yang bright kalau sudah pakai mute jadi mendem gitu.


Tampilan si mute ditaruh di bridge
Mute sendiri ada dua. Practice mute sama mute untuk penampilan. Kalau kata teh Rina mute buat penampilan (dalam orkestra) namanya "sordin". Mute tipe ini menghasilkan suara biola yang lebih lembut dan seperti berasal dari bawah air. Bentuknya lingkaran dan kecil. Ditaruhnya di bridge dan bisa dipasang-copot dengan si sordin masih nempel di string dekat tailpiece.
Kalau practice mute bentuknya gede dan mencengkram seluruh bagian atas bridge. Suara yang diredam juga lebih besar. Nah, practice mute ini yang baru saya beli.

Practice mute juga ada jenisnya, yang besi sama yang karet. Kebetulan saya beli yang karet soalnya.... cuma ada yang karet (._.)a

Oh, curhat dulu.

Muter-muter

Saya sudah pernah nyoba nyari practice mute ini. Dulu banget pertama kali belinya sordin (soalnya pas nanya mute diberinya itu). Beli dua malah. Dikirain bakal menghasilkan suara yang sangat kecil, ternyata nggak. Kemudian setelah tahu ada yang namanya practice mute ngebet deh pengen beli. Keliling-keliling di Bandung nggak ketemu! Bahkan di toko Sumber Makmur, yang direkomendasikan sama teh Rina untuk toko alat-alat musik, mute nya habis. Owalah...

Nah, yang saya beli sekarang ini kebetulan banget sohibnya teh Rina, ketua AVC juga, namanya Kang Dede, mau mesen practice mute di surabaya (atau jogja ya? Pokoknya luar jawa barat). Nitip deh. Dan... tada!! Pas gath AVC ternyata practice mute nya udah datang.

Harga practice mute ini Rp 50.000, nggak tahu ya kalau harga asli dari penjualnya, mungkin lebih murah, heheh. Bahannya karet dan suara yang diredam juga oke.

Awalnya saya pengen mesen yang besi, ternyata katanya nggak ada. Nggak apa-apa deh ya. Kata Kang Dede juga kalau yang besi bisa ngerusak bridge, kalau yang karet InsyaAllah nggak bakal ngerusak.

Karena sudah punya mute sekarang bisa deh ngegesek full bow. Selama ini takut-takut kedengeran berisik sama tetangga. Fu fu fu.

Happy garandeng!

garandeng (sunda) = ribut-ribut

No comments:

Post a Comment