Thursday, November 7, 2013

Pertemuan 4

7 November 2013

Les kali ini hari Kamis, nggak biasanya yang hari Senin, soalnya ini les pengganti (kayak kuliah aja ada penggantinya..).

Hari ini sudah belajar pake buku! Yay! Buku yang dikenalkan sama Teh Rina judulnya "Strictly Violin" karya Jacquelyn Dillon, James Kielland, dan John O'Reilly. Bukunya fotocopyan sih... dan disuruh fotocopy juga... (ups ups ups, maafkan saya, maafkan saya, soalnya nggak tahu lagi bisa dapat dimana bukunya).
Bukunya giniii, tapi versi fotocopyannya

Isi bukunya bagus nih. Di dalamnya ada materi-materi dasar mulai pengenalan biola, cara megang, dan teknik-tekniknya. Materi di dalamnya dimulai dari ngegesek dengan open string.

Hari ini belajar komprehensif di legato. Legato itu beberapa nada yang dimainkan dalam satu tarikan bow. Hari ini belajar legato 4 (maksudnya 4 nada dalam satu tarikan bow).

Selain itu hari ini juga saya belajar mainin lagu! Yay! Lagu sebaris doang sih, not nya juga masih ada tulisannya A, B, C gitu (belum ngebaca dari staff, kecambah di atas garis-garis gitu).

Oh iya, hari ini saya juga belajar tangga nada.

Tangga nada

Jadi dalam musik itu ada aturan tangga nada. Selama ini kan yang biasanya diketahui itu do-re-mi-fa-sol-la-si-do, padahal nada itu nggak mutlak dan bisa dimainin dari nada manapun. Sering kan denger penyanyi ngomong "Dari D" atau "dari A" dan sebagainya. Nah itu dia, DO bisa dimulai dari nada D, A, dan sebagainya. Yang beda itu hitungannya.

Hitungan tangga nada itu seperti ini:
DO-RE-MI-FA-SOL-LA-SI-DO
1-1-1/2-1-1-1-1/2

Maksudnya dari DO ke RE itu beda 1 step nada, MI ke FA itu beda 1/2 step nada, dan seterusnya.

dan untuk nada itu terdiri dari alfabet ini:
A B C D E F G

Nah, sekarang dapat PR buat ngebikin tangga nada dimulai dari nada yang berbeda (jadi belibet gini mana nada DO mana nada mutlak yang A B C D).

contoh:
DO=G

G-A-B-C-D-E-F#-G

Naaaah apa itu, kenapa ada pager-pageran segala?

Karena tadi nada ada step nya makanya ada #. F# disebut Fis. Kalau A# disebut Ais, dan seterusnya.
Untuk penjelasan ini lebih gampang diibaratkan di tuts piano (saya juga ngertinya dari ibarat piano ini).


Nah... piano itu ada tuts nada C yang posisinya ditengah-tengah kayak gambar ini.

Piano itu setiap tuts nya berjarak . Kalau ada tuts yang punya di tengah-tengah itu artinya beda setengah. G ke A itu beda 1 step. A ke B itu beda 1 step. B ke C itu beda 1/2 step.

Tangga nada biasa kalau dari nada dasar C kayak gini:
DO=C
C-D-E-F-G-A-B-C

Dan itu pas buat step nada nya. Tangga nada baru berikutnya diambil dari nada ke lima, atau Sol dari si tangga nada. Karena nada ke lima dari tangga nada DO=C adalah G, maka tangga nada berikutnya adalah DO=G

Perhatikan deh, kalau DO=G
G-A (Satu step)
A-B (Satu step)
B-C (Setengah Step, perhatikan gambar tuts piano di atas, pas kan setengah?)
C-D (Satu step)
D-E (Satu step)
E-Fis (Satu step. Perhatikan, kalau E ke F kan 1/2 step, sedangkan diperlukan 1 step, jadi kita naik ke tuts sebelah kanan F yang item untuk naik 1/2 lagi biar jaraknya satu. Itulah kita dapatkan Fis)
Fis-G (Setengah step)

Nah begitulah kenapa pakai Fis buat tangga nada G.
Untuk tangga nada G ada satu #, yakni di nada F#. Karena itu kenapa kalau ada sheet musik yang pakai satu # artinya tangga nadanya dimulai dari G. Cobain deh buat tangga nada D, A, E, dst, pasti bertambah satu #.

Banyaak

Wiiw banyak banget lah ilmu yang didapet. Dan ini baru pertemuan keempat. Gimana pertemuan selanjutnya?

Eh... karena ini pertemuan keeempat berarti harus bayar lagi buat pertemuan selanjutnya (karena per-empat pertemuan)... *twewewew. Duit duit*

Have fun!

No comments:

Post a Comment