Wednesday, March 12, 2014

Pertemuan 17

Saya buka postingan ini dengan quote.

Lagu baroque itu menciptakan nada-nada di udara.
- Rina, guru les saya.

Sustain


Di pertemuan ketujuhbelas ini saya belajar tentang sustain. Seperti quote di awal tadi, sustain itu menciptakan efek nada masih ada dan menggantung di udara namun ringan. Sustain sendiri dihasilkan setelah bow selesai digesek, jadi masih ada nada yang beresonansi dengan senar dan badan Biola.

Bagaimana caranya?

Sustain diberikan dengan menggesekkan bow di senar kemudian diangkat secara halus. Jadi seolah bow lepas landas dari senar Biola. Kalau pesawat lepas landas tidak seperti roket yang langsung naik ke atas kan? Pesawat yang lepas landas bergerak secara horizontal dan naik vertikal secara perlahan.

Bourée di Suzuki Volume 2


Dan akhirnya saya khatam Suzuki Volume 1, yay! Saya melanjutkan ke Suzuki Volume 2. Di Volume 2 saya langsung di arahkan ke lagu yang berjudul Bourée

Bourée, sama halnya seperti Minuet, sebenarnya bukanlah judul lagu. Bourée adalah jenis tarian. Jadi jangan heran jika menemukan beberapa jenis lagu Bourée. Di dalam tarian itu sendiri terdapat beberapa jenis movement (gerakan), ada yang bertempo cepat dan lambat. Itulah kenapa ada jenis-jenis movement Bourée.

Bourée yang ada di buku Suzuki Volume 2 ini hasil karya George Frideric Handel (23 Feb 1685-14 April 1759). G.F. Handel berkebangsaan Jerman dan merupakan komposer musik pada zaman Baroque.

Refreshments
Masih ingat kan 3 zaman musik? (saya sendiri lupa)
Baroque : 1600-1760
Classical: 1730-1820
Romantic: 1815-1910

Dengan karya nya yang merupakan jenis lagu Baroque maka memainkannya pun harus dengan gaya Baroque. Kata Teh Rina biasanya pada zaman Baroque bowing dimainkan secara pendek-pendek dan kesan megah, dan satu lagi, biasanya menggunakan sustain untuk menciptakan suara di udara.

That's it. Mari kita mainkan.


Ngek ngok ngek ngok ngeeeekk

No comments:

Post a Comment