Sunday, June 1, 2014

Bongkar Biola!

Biola itu terdiri dari banyak bagian. Walaupun dari kayu, bagian ini tidak ada yang dipaku, yang perlu ditempel disatukan dengan lem. Karena dengan lem kayu berarti bagian ini bisa dibongkar ulang. Nah, kebetulan di AVC ada ko Jerry yang bawa biolanya yang habis dibongkar. Iya! Dibongkar!

Ko Jerry, yang pake jaket kulit. Nah, yang lagi ngebuka sharing dan pake kerudung pink itu Teh Tika.
Kok dibongkar? Katanya dibongkar karena biolanya mau dituain, direndam di larutan apa gitu. Satu persatu bagian-bagian biola dikeluarin dari tasnya... ini udah kayak nontonin bagian mutilasi.

Biola korban dikeluarkan perlahan.
Sembari dikeluarkan satu persatu, ko Jerry ngejelasin bagian-bagian biola nya. Rangkuman bagian-bagian dari biola kurang lebih gini:

  1. Head
    1. Scroll
    2. Peg Box
    3. Peg hole
    4. Peg
  2. Neck
  3. Nut
  4. Heels
  5. Top plate
  6. Back plate
  7. Finger board
  8. Strings
  9. Tail piece
  10. Fine tuner
  11. Tail gut
  12. Saddle
  13. Button end
  14. Chin rest
  15. Rib, ada 6 bagian
  16. Corner block, ada 4 di setiap sudut
  17. Top block
  18. Bottom block
  19. Bass bar
  20. Sound post
  21. Bridge
Sudut lain biola korban. Jeng jeng.

Ko Jerry lagi ngejelasin back plate nya yang jenisnya two piece

Ditaruhin satu-satu

Semua bagian biola yang sudah dibongkar. Udah kayak onggokan sampah aja ya, tapi sampah yang mahal

Wuih, banyak kan bagian-bagian biola? Dan jangan lupa, keliatan kan beda-beda serat kayunya? Itu karena kayu-kayu bagian biola itu beda-beda. Untuk top plate biasanya kayu jenis spruce, sedangkan untuk back plate jenisnya maple


Sisanya dilanjutin dengan main deh. Yang pada jago maraton buku Suzuki 1,2,3. Yang baru mulai belajar tangga nada dengan modifikasi.
Maraton buku suzuki 1,2, sama 3!
dari kiri ke kanan, Andro, Seth, Ajay, Richard, Uni, Ronal. Siapa tahu mau kepoin, kekeke. Oh iya, stand part yang sebelah kanan itu punya saya *ikut nebeng*
Untuk minggu depan kayaknya nggak ada gath dulu, soalnya mau nonton konser dulu di Kotabaru Parahyangan. Baru deh minggu depannya lagi ada gath. Wiiiw, rame. Yang mau gabung langsung datang aja ke Balai Kota Bandung tiap hari Minggu jam 14:00, info lengkapnya bisa kunjungin blognya di avcbandung.blogspot.com.

Happy ngekngok!

No comments:

Post a Comment