Thursday, December 19, 2013

Beli Stand Part dan Shoulder Rest

Hari Senin 16 Desember nggak ada les Biola soalnya teh Rina nya nggak enak badan. Kebetulan sayanya juga ke RS. Cicendo buat ngecek mata. Karena katanya dari mata turun ke hati jadi kalau nggak dicek hatinya nggak baik. AH!! Haha, nggak, mata saya alergi.
Jadi nggak ada postingan tentang materi Biola ya. Kali ini saya mau cerita tentang dua benda baru, baru beli.

Sumber Makmur

Hari kamis yang lalu (12 Desember 2013) saya pergi ke daerah Pungkur. Disana ada toko yang namanya Sumber Makmur. Nama tokonya, er... kurang representatif musik gimana gitu ya? Heheh.
Ini posisinya Sumber Makmur
Rekan-rekan AVC juga doyan nyaranin ke Sumber Makmur untuk beli barang-barang berkaitan Biola. Soalnya Sumber Makmur memang toko yang didedikasikan untuk alat-alat musik.

Ngomongin toko alat musik, kenapa ya di Indonesia kebanyakan toko olahraga juga jualan alat musik? Biasanya selain bola-bola disana juga ada gitar, atau ukulele. Udah jadi stereotip gitu. Aneh juga ya..

Lanjut~

Stand Part

Atau disebut juga Music Stand. Ini adalah alat untuk naruh partitur. Kan nggak enak kalau main naruh music sheet nya di lantai, capek dong nunduk. Bisa sih sebenernya naruh piece dengan cara lain, tapi dengan stand kan lebih gaya. Ups, lebih gampang diatur posisi ketinggiannya maksudnya. Gaya juga sih...

Harganya Rp 100.000.

Penampilan si Stand Part
Ada besi penahannya juga. Di bagian tengahnya ada per nya supaya bisa nahan lebih kuat.
Ada case nya juga loh. Ini saya aja yang ngefotoinnya kurang bagus jadi kelihatannya kayak kantong keresek.

Shoulder Rest

Shoulder Rest itu alat yang ditaruh di bawah Biola supaya tinggi Biola nyaman dengan dagu kita. Dulu saya punya Shoulder Rest juga, harganya cuma Rp 50.000 -an. Dulu belinya juga nitip sama adik kelas di Palangkaraya. Bahannya besi dan busa. Tapi ternyata lama-kelamaan terasa kurang nyaman. Pas nyobain biola temen-temen di AVC, shoulder rest nya nyaman banget! Wogh, jadi kepengen beli.

Nah, kebetulan saya ada kesempatan untuk beli shoulder rest baru.

Ini shoulder rest baru nya!
Shoulder rest yang ini bahannya kayu. Kata bapak yang jualnya sih bahan yang kayu ngeberi suara yang lebih bagus. Pas saya cobain rasa-rasanya suaranya juga beda sih, kayak lebih bright.

Di ujung kiri dan kanan ada penahan ke Biola nya. Penahan ini bisa diatur ketinggiannya dengan diputer-puter. Untuk penahannya ini ada lapisan karet nya. Waktu beli dapat cadangan karetnya juga loh.

Waktu beli juga dapat bonus tas serut warna merah. Tampilannya jadi eksklusif gimana... gitu.

Ini posisi si shoulder rest ditaruh di belakang Biola

UPDATE, 10 Mei 2014. POSISI SHOULDER RESET NYA SALAH! Harusnya kayak gini


Tampilannya eksklusif, dipakai juga nyaman. E harganya? Harganya juga lumayan.
Rp 250.000 men!! Atau biar lebih spektakuler, SEPEREMPAT JUTA MEN! Tapi waktu di Sumber Makmur dapat diskon sama bapak yang jualannya. Waktu itu kena potong 15.000 sih. Lumayan lah ya, nggak jadi seperempat juta :p


Penutup, cie


Mudah-mudahan dengan dua benda ini belajar Biolanya masih tawakal ya. Amin~

No comments:

Post a Comment