Sunday, December 8, 2013

Gath AVC: Ngomongin Bridge

Kali ini AVC ngomongin tentang Bridge.

Bridge, bukan jembatan yang ditapak ya, adalah benda yang menopang senar biola dan letaknya ada di antara tailpiece dan fingerboard.

Waktu gathering dibahas kalau kita ngebeli Bridge. Kalau beli Biola kan sudah ada bridge nya ya, kalau beli Bridge secara terpisah biasanya bentuknya masih tebel dan gede. Yang pasti nggak bakalan bisa langsung ditaruh di atas Biola. Nah jadi harus gimana dong? Harus diamplas. Yup! Diamplas, supaya bridge nya jadi lebih tipis dan sesuai dengan bentuk Biola.

Yang kiri contoh bridge yang masih baru, yang kanan contoh yang udah di fitting dan diamplas.

Tips Bridge Baru

Teh Tika ngeberi tips supaya bentuk Bridge sesuai dengan yang diinginkan

1. Jiplak bentuk Bridge yang sudah ada sebelumnya. Soalnya bagian atas bridge kan harus kita potong pelan-pelan dengan cutter dan bagian atas bridge punya lengkungan tertentu (yang sisi senar E lebih pendek daripada senar G)
2. Bridge harus bisa berdiri di atas Biola. Karena pertama kali dapat bridge bagian bawahnya masih belum bisa berdiri jadi harus diamplas. Supaya pas dengan bentuk Biola nya taruh amplas di atas badan Biola (sebelumnya kasih alas dulu di atas Biola nya biar nggak lecet) dan gesek bridge perlahan-lahan. Perlahan-lahannya katanya bener-bener perlahan dan harus sabaar~~

Terus taruh Bridge di antara f hole dan pastikan sound post (tiang yang ada di dalam badan Biola) berada di bagian depan Bridge

Tips Arah Bridge

Kata Kang Dede, ada bridge yang dibuat dari kayu maple. Yang bagian garis-garis ke bawah itu menghadap ke tailpiece, sedangkan yang titik-titik menghadap ke fingerboard. Yang punya saya nggak ada gituannya, nggak tahu arah ke mana, haha.

Tragedi!

Jadi Teh Tika mau ngelihatin Bridge punya dia. Bridge nya pun dilepas. Karena Bridge nya dilepas berarti bagian tengah Biola nya jadi nggak ada yang nekan dari atas kan? Nah, sound post nya pun lepas.

LEPAS!!

Untung bisa dipasang lagi pakai tali rafia. Huoo

Jadi si sound post diiketin di tali rafia, terus dimasukkin lewat f hole dan digeser pelan-pelan di dalam Biola.

Habis itu ada pengumuman buat Gath deh. Yay! Berarti hari minggu nggak ada gath di balkot tuh~ Sampai jumpa lagi minggu depannya!

4 comments:

  1. Bridge biola sudah memang seharusnya terbuat dari kayu maple. Semakin tua usia kayunya, semakin bagus pula bridge tsb. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwoo, nggak kayak elektronik yak, berarti Biola second bisa jadi lebih bagus :D

      Delete
  2. Emang cara fitting up tu gmn kak? Klo ngamplas bridgenya itu bagian atas atau bawah ya? Soalnya aku punya biola dan bridge nya ketinggian padahal udah dipasang di biola, alhasil senarnya jd kerasa keras pas ditekan....dan klo ky gt apa berarti harus dibongkar ulang atau cukup atasnya yg diamplas?? Soalnya itu dah seken😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawah dulu, habis tu bagian atas jiplak bridge lama

      Delete