Sunday, December 1, 2013

AVC Gath: Senar

Gath hari ini membahas tentang senar. Tahu senar kan? Senar itu lawan kata "salah". Oke. Kurang lucu *pppffft*. Yang kali ini ngeberi materi adalah Kak Jerry. Ulalalaaa

Anatomi Senar

Senar itu punya anatomi sendiri-sendiri loh. 


Bagian senar yang biasanya dililit sama benang warna-warni itu end. Ada Peg end, ujung tempat kita naruh senar di peg. Ada juga ball end atau loop end yang biasanya di ujungnya ada ball nya, nah, yang ini ujung kita naruh senar di tailpiece.
Ada loh senar yang nggak pake ball tapi loop. Cara masangnya harus pakai alat lagi kayak penjepit di bagian tailpiece nya.

Core

Ternyata senar itu bukan sekedar seutas benang yang dijejerin di atas Biola. Senar merupakan seutas senar (halah) dililit rapat sama . Apanya yang dililit? Core alias inti nya.
Kak Jerry bilang ada 3 jenis core senar

1. Steel

Kalau di kamus sih steel artinya baja ya. Kata kak Jerry contoh umumnya di senar E. Biasanya pakai steel.

2. Synthetic

Core dari senar yang satu ini merupakan syntethic. Kurang tahu juga synthetic dari apa ya? Waktu diliatin contoh senar synthetic yang lilitannya udah lepas sih kayaknya lemes-lemes mirip karet gitu.

3. Gut

Senar yang satu ini terbuat dari usus. Usus beneran! Biasanya dari usus domba. Bau nggak? Katanya nggak sih, karena sudah diproses sedemikian rupa. Senar yang satu ini kata Kak Jerry susah banget perawatannya. Katanya suaranya rawan berubah dan cerewet banget dengan suhu, apalagi suhu tropis kayak di Indonesia.

Merek

Senar biola itu bermacam-macam mereknya. Waktu gath ada yang mereknya pirastro apa gitu, ada yang harmonica apa gitu, banyak gitu. Harganya juga beragam, dari yang 4 biji Rp 25.000 sampai yang satu juta sekian ada. Itu yang satu juta sekian merinding banget megangnya. Kalau putus bisa nangis darah.

Lha terus milih merek senar yang bagus yang mana? Katanya itu sih sesuai kebutuhan masing-masing. Tapi usahakan senar yang menghasilkan suara yang bagus. Kata teh Tika kalau yang belajar dibiasakan mendengarkan suara yang bagus jadinya tahu mana yang suara yang jelek dan yang nggak. Jadi investasi lah. Emang senar itu mahal, tapi investasi pendengaran juga kayaknya oke deh.

Cara memasang senar

Supaya senarnya nggak berubah-ubah dan sesuai suaranya dengan yang kita harapkan ternyata perlu menggunakan cara tertentu lo. Cara ini diperagakan sama Kak Jerry, dan kata beliau ini cara yang dipakai sama luthier dari Amerika.

1. Pasang ball senar di tailpiece.
2. Pasang ujung senar di peg, jangan sampai menembus peg
3. Putar peg, gulung senar di peg kemudian silangkan. Kata Kak Jerry ini supaya senarnya nggak selip. Terus gulung lagi.
4. Kemudian putar terus sampai senar mepet di peg box. Ini juga berguna agar senar tidak selip
5. Perhatikan bridge. Bridge yang mengarah ke tailpiece harus tegak 90º! Kalau nggak lurus gimana? Nah, bridge nya harus dibenerin.

Alert!
Senar jangan sendirian dikencangin, tapi satu-satu dikencangin secara bersama sedikit-sedikit.


Cara benerin bridge

Taruh sisi luar telapak tangan di badan biola. Jari manis dan jari tengah dirapatkan untuk memegang sisi bawah bridge. Ibu jari dan telunjuk memegang sisi atas bridge. Yang digerakkin yang bagian atasnya. Nah, atur posisi atas bridge sampai lurus. Posisi bridge yang lurus itu yang dari tailpiece nya berdiri 90º.



Senar Putus


Senar yang putus ada beda-beda kemungkinan

Kalau putusnya pas di bagian nut atau di peg itu berarti salah pas nyetem (tuning).
Kalau putusnya pas di bagian antara bridge, itu berarti senarnya putus normal karena lama sudah dimainkan
Kalau putusnya pas di bagian tailpiece berarti.... senarnya jelek. Hohoh.

Tips senar


Kapan kita harus mengganti senar?

Kata kak jerry setiap senar ada "special effect" masing-masing. Ada senar yang kalau dimainkan punya karakter serak-serak basah (acheile...), dan kalau dimainkan terus efeknya akan hilang dalam waktu 5-8 bulan, kalau mau efek itu lagi berarti harus ganti senar lagi. Tapi kalau pemakaiannya biasa senarnya bisa dipakai terus.
Senar biasanya putus dalam jangka waktu sekitar 1-2 tahun, kalau dimainin terus. Kalau mainnya twinkle-twinkle little star senarnya bisa tahan terus (katanya selamanya, mwahaha).

Gimana cara merawat senar?

Setiap selesai dimainin dibersihin aja pakai lap. Kalau bagian yang ada rosinnya lengket-lengket bisa dibersihin pakai alkohol, tapi jangan kena badan biola! Dan jangan bersihkan pakai minyak! Nanti bisa nggak bunyi lagi biola nya.


Gitu deh info tentang senar. Banyak juga info yang didapet dan selama ini belum pernah tahu. Padahal bagian Biola masih banyak banget, pasti lebih banyak info yang belum tahu. Pengen tahu juga info selanjutnya? Makanya ikutan @AVC_bdg yuk, hahaha!

2 comments:

  1. Biola itu tidak murah, begitu pula dgn segala aspek pendukungnya. Tp jika kita serius, smua hal yg mahal tsb akan menjadi investasi yg sangat berharga bagi kita. Setuju? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu
      Makanya sekarang lagi nabung buat investasi Biola yang bagus, hihih :D

      Delete